Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa disekolah dapat belajar materi bahasa inggris melalui Didong oleh Radensyah

    Dalam menyampaikan materi ajar kepada siswa, guru tidak harus selalu menggunakan papan tulis, powerpoint, serta menjelaskan saja atau dengan berceramah. Guru perlu mengkolaborasikan tiga hal yakni materi ajar, metode mengajar dan kehidupan sehari-hari siswa. Metode mengajar adakalanya perlu melibatkan kesenian, sebab umumnya siswa menyukai seni. Tentu saja metode mengajar harus sesuai dengan materi pelajaran yang ada.

    Salah satu kesenian yang dapat dijadikan penunjang metode mengajar adalah didong. Didong dapat dipadukan dengan metode-metode mengajar yang mengarah pada keaktifan siswa seperti belajar kelompok dan metode-metode yang membuat siswa aktif lainnya. Untuk pelajaran bahasa asing, materi dapat dituangkan kedalam bentuk didong sebelum sampai kepada siswa untuk dipelajari
mempelajari vocabulary dalam lirik didong

1. Didong dan Materi belajar

    Materi ajar dapat disisipkan kedalam didong tanpa mengurangi keaslian kesenian didong itu sendiri. didalam didong terpadat irama tepukan, syair atau lirik, gerakan badan, keindahan dan adab. Lirik didong dapat dirubah sesuai kebutuhan materi ajar, misal liriknya berupa kosakata bahasa inggris atau perpaduan bahasa gayo dan bahasa inggris. Dalam rangka menjaga orisinalitas kesenian didong, disini unsur –unsur seperti gerak, irama tepukan dan unsur-unsur didong tidak perlu dirubah, hanya liriknya saja yang disesuiakan untuk kebutuhan belajar.

    Irama lirik dapat disesuaikan atau dibuat oleh siswa sendiri. Jika guru tida mahir dalam melantunkan irama lirik dapat merekam terlebih dahulu irama tertentu kemudian memperdengarkan irama tersebut kepada siswa. Apabila irama dibuat dan dikreasikan oleh siswa sendiri hal ini menjadi sebuah dampak positif yakni akan lebih memudahkan siswa mengingat materi pelajaran.

Berikut ini contoh kutipan lirik didong gayo dengan materi vocabulary dan simple past tense

Ipak : Can i know where is your garden uwinooo...
Uwin : Not so far from paya beke.. 2x
Ipak : At your garden what did you do uwin ooo...
Uwin : We worked together pick up coffee...
             We worked together pick up coffee...

sambil berdidong dapat ilmu

2. Penerapan pembelajaran

a. Tempat
    Dilaksanakan ditempat terbuka atau aula sekolah. Jika dilaksanakan dikelas, maka kursi dan meja diatur agar ruangan bisa ditempati untuk digelar tikar. Tempat belajar juga dapat dilakukan di luar ruangan kelas seperti dilapangan sekolah dan tempat-tempat yang memungkinkan untuk duduk dan tidak mengganggu aktivitas pembelajaran

b. Tata tertib
    Pembelajaran dilaksanakan dengan duduk bersama dan dipisahkan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan. Dibutuhkan Dua atau tiga ceh untuk menyanyikan irama lirik serta Peningkah pumu dan Peningkah bantal (opsional )

c. Alat
Alat yang dibutuhkan sebagai berikut;
  • Tikar atau sejenisnya
  • kampas didong (bila dibutuhkan), kampas didong adalah penunjang kesenian didong, apabila kampas tidak tersedia, tepukan didong tetap dapat dilakukan oleh siswa dan lebih natural.
  • Speaker (bila perlu). Speaker berguna untuk media belajar siswa untuk mengingat irama lirik yang diperdengarkan oleh guru.
  • Print out materi lirik didong untuk semua siswa
3. Simulasi teknis pengajaran (disesuaikan dengan metode mengajar masing-masing)
a. Guru menjelaskan materi ajar, tujuan pembelajaran, indikator dan capaian yang harus dicapai, siswa sudah memiliki print out lirik didong dan penjelasan materi.
b. guru menyuruh siswa untuk duduk berkelompok yakni duduk melingkar.
c. guru mendemonstrasikan irama dan lirik didong dengan pengucapan yang tepat sesuai tuntutan materi. Bila guru kesulitan, dapat memperdengar irama dan lirik dengan speaker ( memutar suara )
d. guru mengintruksikan siswa untuk mulai berdidong
e. guru memantau siswa yang tidak aktif dalam menyebutkan lirik
f. guru memantau seluruh siswa saat berdidong dan meluruskan irama dan lirik didong
g. guru mengadakan tanya jawab seputar lirik didong, seperti vocabulary, tenses dan lain-lain
h. guru melakukan tes lisan
i. hal lain yang dibutuhkan siswa untuk mengingat materi
j. penutup atau kesimpulan materi.

saling berdiskusi pelafadzan vocabulary setelah berdidong

Hal umum yang mungkin terjadi;
Banyak siswa yang over dalam berdidong karena terlalu bersemangat, dengan pengarahan yang rutin, siswa dapat mengingat materi sambil mengekspresikan kesenian didong.
Perlu penekanan materi terhadap ceh-ceh dalam didong. Biasanya didalam kelas ada satu dua orang yang menonjol dalam hal berdidong, dan guru sebaiknya memlihnya sebagai ceh.
secara umum, Siswa di Aceh tengah dan Bener merah bersuku gayo, untuk itu penerapan  metode mengajar dengan didong perlu dipertimbangkan, mengingat siswa dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat tidak asing dengan budayanya sendiri

mungkin butuh tiga pertemuan  ( 3 x 90 menit ) untuk menerapkan metode mengajar dengan didong 

    Itulah sedikit gambaran tentang penerapan mengajar materi bahasa inggris dengan berdidong disekolah. Sebagai guru, perlu jeli menerapkan metode mengajar agar siswa tidak bosan belajar dan tidak sulit mengingat pelajaran. Tulisan ini belum sempurna dan banyak kekurangan, mohon maaf bila terdapat kesalahan istilah dan sistematika penulisan. Berizin

ditulis oleh Radensyah
*konten kreator
Blog : gayomugagak.my.id
Youtube : GAYO MUGAGAK
Kerenem ni Gayology
Kerenem ni Gayology Gayology merupakan disiplin ilmu yang mengkaji tentang kegayoan

Posting Komentar untuk "Siswa disekolah dapat belajar materi bahasa inggris melalui Didong oleh Radensyah"